Seminar OSKM ITB 2013

Jum’at,23 Agustus 2013

Oleh                      : Siti Nurasiah

NIM                       : 16013238

Kelompok             : 58

Pemateri             : Bpk. Gita Wirjawan

                 Semangat kemahasiswaan sangat kental dengan kearifan local. Prekonomian Indonesia sangat membutuhkan seorang pemimpin yang mengerti apa yang menjadi kepentingan rakyatnya. Apapun tergantung pada niat atau keinginan dalam diri seseorang  dan tak terlepas akan kehendak dari Tuhan.

                Pemimpin-pemimpin bangsa Indonesia sebelum merdeka sudah jelas visinya  Indonesia mau di bawa kemana.Masa depan bangsa kita tidak akan maju tanpa kekuatan  kita untuk  membakar semangat  itu . siapapun yang akan menjadi pemimpin bangsa harus jelas bungkusannya sperti demokrasinya harus jelas dan terarah. Kita akan sukses jika mengedepankan fluralisme.  Perekonomian Indonesia membutuhkan pemimpin yang mempunyai kearifan local dan harus memajukannya.

                Indonesia membutuhkan pemuda yang proaktif yang bisa menggangnamkan sendiri dengan ciri yaitu :

  • Kemahiran teknologi
  • Kesinambungan demokrasi
  • Kekayaan Budaya
  • Kemajuan ekonomi

Hal tersebut sangat dibutuhkan untuk memajukan Indonesia. Indonesia berada dalam massa transformasi yang pesat dengan didukung oleh posisinya.

Untuk memajukan Indonesia  diperlukan suatu sifat yaitu sifat bangga  dengan berbangsa. Yaitu lebih mencintai negaranya sendiri seperti mulai dari produk hingga yang lainnya.

                Seperti yang kita tahu saat ini perekonomian Negara kita bila di bandingkan dengan Negara lain sangatlah tertinggal, bahkan dengan Negara Korea yang hanya berselisih beberapa hari dalam kemerdekaannya, smpai saat ini kita sangat tertinggal dibandingkan dengan Korea. Korea merupakan Negara yang dapat melambungkan perekonomian negaranya dari yang tadinya dianggap lemah, bahkan dianggap rendah oleh bangsa barat. Namun sekarang mereka dapa mengalahkan Negara-negara maju, s Korea dapat mengalahkan produk-produk dari Jepang, Amerika dan Negara lainnya. Bahkan produk mereka dinanti-nanti oleh setiap orang di penjuru dunia. Mengingat hal  tersebut sungguh sangat ironis jika kita memandangi keadaan Indonesia saat ini. Apalagi kaum muda bangsa kita malah lebih bangga menggunakan produk dari Negara lain, dibandingkan  dengan negaranya sendiri.

                Maka untuk keluar dari keadaan tersebut kita harus mampu untuk menciptakan dan berinovasi untuk bangsa kita ini. Kita harus dapat berteknologi, berfluraslisme, berbudaya dan berdemokrasi.

Oleh : Indra Hidayat dari Wanadri

Indonesia merupakan Negara kepulauan, dengan sebagian besar wilayahnya terdiri dari perairan yang sangat luas dengan berbagai kekayaan alam yang terkandung di dalamnya. Mulai dari pulau-pulau yang bertebaran hingga macam-macam flora dan fauna yang dimiliki oleh Negara Indonesia.

Namun masalahnya yaitu interventasi budaya Indonesia oleh bangsa lain, seperti telah banyaknya budaya kita yang telah di klaim oleh bangsa luar. Lalu yang tak kalah pentingnya juga yaitu bencana yang melanda Negara kita, yang di akibatkan oleh oleh banyaknya gunung berapi, serta lempengan yang ada di sekitar Negara kita. Untuk itu kita harus sadar diri dan harus dapat memajukan Negara kita ini, kita harus dapat menerapkan bagaimana berteknologi supaya bangsa kita tidak tertinggal oleh bangsa lain, serta kita harus sadar tujuan, bahwasanya tujuan kita yang utama adalah ingin memajukan Negara Indonesia ini menjadi Negara yang maju dengan perekonomian yang berkembang pesat.

Meskipun Negara kita merupakan Negara kepulauan, itu bukanlah suatu alasan untuk kita dalam menyatukan bangsa ini, jangan jadikan jarak sebagai alas an dalam pemerataan dam bidang apapun. Indonesia sebelumna memiliki sekitar tuga belas ribu pulau, naming ternyata setelah beberapa tahun kemudian tercatat bahwasanya kita memiliki pulai lebih dari itu. Ini menunjukan bahwa sangat kayanya bangsa kita ini, dan untuk itu kita harus bisa mengungkap semua kekayaan yang kita miliki tersebut dan tak lupa juga kita harus bisa menjaga setiap budaya yang kita miliki. Jika budaya kita diklaim oleh bangsa lain, harusnya kita bukan bersikap gundah atau gelisah. Mestinya kita harus berinovasi lagi dengan semua kekayaan yang kita miliki ini dan biarlah Negara luar yang meniru dan menjadi plagiator.

Oleh : Ibu Tri Mampuni

Seseorang mempunyai integritas dan kompetensi, dimana ia mempunya pengetahuan atau logika dan mempunyai rasa simpati atau empati. Sehingga orang tersebut dapat memahami dan membaca Indonesia dengan disertai logika yang cukup dan rasa empati yang terkandung dalam dirinya.

Kita harus menjadi seorang pemimpin yang mempunya intergritas yang tinggi. Diman makin tinggi pertumbuhan maka akan makin tinggi pula perekonomiannya. Dimana pertumbuhan itu harus terikat/ terbatas, harus optimumuntuk kepentingan kesejahteraan masyarakat local dan daya dukung lingkungan setempatnya. Namun sepertinya semua itu terbalik untuk Indonesia. Seorang pemimpin , disamping harus mempunyai logika dia juga harus mempunyai rasa empati untuk keadaan bangsanya.

Oleh : Kak Saska

Project Polaroid
Yaitu suatu proyek yang tujuannya untuk melestarikan kembali kamera Polaroid, yang sebelumnya sudah hampir punah dan agar tetap tejaga. Setelah sebelumnya perusahaan yang memproduksi barang tersebut bangkrut. Namun proyek ini berusaha untuk mengembalikannya dengan mengadakan riset ulang.

Project Animatrinic
Yaitu suatu teknologi lama dimana merupakan sebuah projek robot dengan bantuan make-up effect sehingga tampak jelas akan keadaanya.
Angkot Day

Merupakan bentuk partisipasi dengan melihat keadaan kota bandung yang sering macet. Maka program ini di usahakan bisa mengatasi kemacetan yang tejadi di kota Bandung yang sebagian besar diakibatkan oleh banyaknya pengguna kendaraan pribadi. Dimana dalam program ini nati setiap orang diajak untuk memakai angkot dengan lebih aman dan nyaman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s