Resume seminar oskm itb 2013

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

MicrosoftInternetExplorer4

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;
mso-fareast-theme-font:minor-fareast;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;}

Nama : Indah Etikasari

NIM: 16713307

Pembicara 1 : Bapak Gita Wiryawan

Indonesia butuh pemuda pemuda yang dapat menjawab tantangan global dalam segala segi kehidupan. Jika hal diatas terpenuhi, Indonesia dapat menjadi suatu bangsa yang besar. Terkait dengan hal tersebut, ada empat kriteria yang seharusnya dipenuhi oleh suatu bangsa yang besar yaitu,

1 kemahiran teknologi

2 kesinambungan demokrasi

3 kekayaan budaya

4 kemajuan ekonomi

Namun, tampaknya kini INDONESIA masih belum bisa memenuhi keempat kriteria diatas terutama “kemahiran teknologi”.

lantas,apa yang harus dilakukan?

sebagai calon alumnus itb kita seharusnya dapat memenuhi konsumsi masyarakat akan teknologi dengan ilmu engineering yang telah kita miliki. Bangsa ini dapat besar jika setiap pemuda pemudanya berperan aktif dalam membentuk suatu industri tidak hanya teknologi namun dalam keseluruhan aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Bayangkan jika indonesia dapat memasok seluruh kebutuhan masyarakatnya yang begitu besar dengan ketersediaan kekayaan alam yang begitu melimpah. Selama ini kita hanya menjadi kuli kuli belaka, menunduk pada penjajahan era global yang tak kasat mata. Seharusnya bangsa indonesia bangkit, tidak hanya menjual kekayaan SDA dalam kondisi mentah namun dapat mmeproduksinya menjadi produk produk berkualitas dalam negeri.

Pembicara 2 : WANADRI

Negara Indonesia adalah negara kelautan yang bertabur pulau semenjak deklarasi djuanda, setelah diproklamasikan oleh ir Soekarno.  Indonesia merupakan negara yang luas dan kaya akan sumber daya alam yang melimpah. Selain itu, Indonesia juga memiliki keberagaman budaya serta flora dan fauna . Sebagai warga negara Indonesia, seharusnya kita dapat melestarikan dan mengoptimalkan kekayaan tersebut untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.

Pembicara 3 : Ibu Tri mumpuni

Pemuda Indonesia dituntut memiliki integritas dan kompetensi untuk mensejahterakan bangsa.  Dalam hal ini, kita disarankan untuk menjadi seorang wirausahawan yang dapat mensejahterakan bangsa dengan menciptakan lapangan pekerjaan da memcu pertumbuhan ekonomi. Selama ini definisi ekonomi tidak manusiawi dan selama ini pula kita dijajah oleh bangsa asing yang mengeksploitasi sumber daya alam tanpa  pernah memperhatikan komuitas lokal . Ini saatnya bagi kita untuk bangkit melawan penindasan ekonomi dan menaikkan taraf hidup masyarakat di daerah daerah terpencil yang didzalimi oleh pertumbuhan ekonomi satu sisi. Karena hal tersebut tidak sesuai dengan pasal UUD 33 1945

Pembicara 4 : Bro Saska

Melalui pengalaman beliau sebagai entrepreneur yang merupakan engineer  dan pendiri riset indie, kita terinspirasi untuk berkontribusi kepada bangsa ini dimulai dari hal hal yan paling kecil . Selain itu, beliau adalah bukti nyata bahwa pengalaman berorganisasi yang cukup dapat melatih rasa empati,  sifat bekerja sama , dan kemampuan “menjual diri ” dalam dunia kerja.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s