RESUME SEMINAR OSKM 2013

AYUNINDA AGUSANDRA

16613202

FTSL

 

Pembicara : Gita wirjawan ( menteri perdagangan indonesia )

Tema : memajukan kearifan bangsa indonesia

Waktu : 45 menit

 

Kearifan lokal adalah salah satu hal yang dianjurkan untuk membangun bangsa. Hal tersebut juga sejalan dengan pembangunan perekonomian bangsa yang saat ini sudah menduduki peringkat 2 sebagai negara dengan perekonomian tersebesar setelah shanghai di dunia.

Kemudian perekonomian indonesia bisa kita majukan apabila setiap generasi muda bangsa indonesia mengantu prinsip “ if you want it, you will get it” yang tentunya tergantung dari seingin apa kita dalam berusaha untuk mendapatkannya. Selain itu  hal yang diperlukan dalam membangun perekonomian bangsa adalah kekuatan kapasitas moral kita untuk kontra korupsi yang konon katanya sudah mendarah daging di indonesia. Ternyata pembangunan perekonomian dengan membangun kapasitas bangsa untuk kontra korupsi merupakan hal yang penting dilakukan bangsa ini. Dan tentunya pembangunan perekonomian bangsa dengan kedua cara tersebut berjalan ke arah indonesia yang lebih baik dan harus kita proyeksikan ke dunia internasional agar mereka tahu bahwa indonesia merupakan negara yang sedang membentuk perekonomian yang lebih baik.

Indonesia sebagai negara dengan berpenduduk muslim yang besar bersama negara negara dengan perekonomian islam lainnya hanya menyumbangkan 9% perekonomian dari seluruh total jumlah penduduk di dunia. Untuk itu indonesia ikut berjuang dalam meningkatkan perekonomian bangsa dengan memahami pentingnya pluralisme untuk menstabilkan perekonomian dan politik indonesia juga mendasarkan pembangunan perekonomian yang tidak meninggalkan kearifan lokal.

Ada 4 tipe gangnam yang harus diperhatikan yaitu

  1. Kemahiran teknologi
  2. Kesinambungan demokrasi
  3. Kekayaan budaya
  4. Kemajuan ekonomi

Saat ini indonesia sedang mengalami Massa transformasi yang pesat karena letak negara kita yang sangat strategis. Dengan pengharapan pertumbuhan perekonomian sebesar 6% untuk jangka 20 tahun kedepan indonesia dapat menghasilkan 60 triliun dollar. Namun tentunya dengan resiko 360 ribu triliun produk yang tidak terisi oleh produk merah putih bangsa.

 

“jadilah garuda garuda yang kreatif, trampil berteknologi, punya semangat kebangsaan dan juga pemimpin bangga berbangsa yang selalu ingat kearifan lokal”

 

 

Pembicara  : indra fauzy (Wanadri)

Tema cinta tanah air

 

Indonesia saat ini

  1. Luas wilayah

–          Bioregional yang beragam

–          Garis pantai yang terpanjang ke 2 setelah sanghai

–          Sungai sungai yang beragam

–          Kawasan khas (90% belum terjamah manusia)

–          Kawasan medan khatulistiwa

–          Dataran yang luas

–          Pebunungan berapi yang bercincin

  1. Rumah indinesia

–          34 provinsi

–          504 kabupaten dan kota

  1. Rumah nusantara

–          Penyebaran kultur di indonesia yang kaya

  1. Permasalahan dan kendala

–          Intervensi budata : pengklaiman budaya kita oleh orang lain

–          Bencana : akibat dari kontur indonesia

  1. Indonesia bertetangga dengan 10 negara lainnya
  2. Contoh dari ekpedisi wanadri

–          Garis depan nusantara  : menjelajahi pulau terdepan di indonesia

–          Penyimpanan 92 prasarti soekarno hatta sebagai tanda milik bangsa

 

“Sadar diri, sadar lingkungan, sadar tujuan” Wanadri

 

Pembicara : Saska ( Riset Indi )

Tema : kolektif penelitian

 

Riset indi adalah suatu komunitas yang menaungi kolektif penelitian  di bidang sosial tekhnologi, media sebagai penyaliran aktifitas yang berlebih. Saska yang merupakan salah satu pendiri komunitas ini pada 2011 menjabarkan bahwa riset adalah sesuatu yang baku, kaku, terstruktur dan sistematis sedangkan indi adalah individu, sendiri, independen. Jadi komunitas ini berfungsi menjadi ingkubator ide atau gagasan yang inovatif dan kreatif guna memajukan bangsa dengan cara berkolaborasi dimulai dari hal yang kecil hingga hal hal yang besar. Karena dengan hal hal kecil kita akan membuat perubahan yang besar.

Beberapa riset yang telah komunitas ini lakukan adalah

  1. Camera polaroid/ camera analog

Camera ini begitu meledak dipasaran beberapa puluh tahun yang lalu. Namun, ketika ditemukannya camera camera digital saat ini, camera polaroid tersisihkan hingga menyebabkan perusahaan camera polaroid gulung tikar pada tahun 2008. Namun karena inisiatif beberapa pekerja perusahaan tersebut yang tidak rela akan kebangkrutan perusahaannya, kemudian mereka membeli perusahaan itu dan mencoba menjalankannya. Dari sinilah riset inti merasa bahwa perjuangan para pekerja itu layak untuk mereka publikasikan. Dengan melakukan riset akan beberapa camera model polaroid riset inti kemudian mencoba memasarkannya. Namun setelah 2,5 tahun memasarkan mereka mengalami kebangkrutan juga. Hal ini dikarenakan kamera yang sudah tersisihkan jaman juga barang yang mudah rusak.

  1. Animatronic

Animatronik adalah robot yang dicover oleh sebuah topeng berbahan lateks atau make up agar terlihat serealistic mungkin. Dalam hal ini riset inti membuat robot alinea yaitu alien berjenis kelamin perempuan. Alinea berasal dari planet paragraf dan mempunyai musuh yaitu kalimat utama dan anak kalimat. Alinea dibiayai sendiri dan dari donatur yang tertarik untuk mendukung projek ini. Alinea juga pernah ikut tampil mendampingi salah satu band saat konsernya.

  1. Angkot day

Angkot day adalah projek dimana riset indi ingin membuat bandung yang bebas macet. Dalam riset ini riset indi mencari tahu tentang penyebab penyebab terjadinya kemacetan di kota bandung. Projek ini akan melakukan riset pada 20 september 2013 dengan cara mengratiskan angkot jurusan kalapa – dago dan sistem perangkotan yang tidak ngetem. Mereka akan menyebarkan kuisioner kepada penumpang dan melihat hasilnya.

 

“perubahan itu dimulai dari yang kecil kecil, saat mommentnya pas perubahan kecil itu akan menjadi sesuatu yang besar” saska

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s