Resume Materi Kolaborasi

Nama    : Jessica

NIM       : 16613382

Kolaborasi adalah bekerja sama antar individu untuk saling berkontribusi dengan kelebihan masing-masing untuk mencapai kepentingan bersama. Setiap orang pastinya mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Ketika bekerja di dalam sebuah kelompok, diharapkan setiap anggota terlibat aktif dalam menyumbangkan kelebihan mereka sehingga kekurangan yang dimiliki oleh seorang anggota dapat ditutupi oleh kelebihan anggota lainnya. Dengan demikian pekerjaan pun dapat dikerjakan dengan lebih efektif dan efisien.

Salah satu contoh kolaborasi yang sudah kita semua lakukan adalah pembentukan tulisan #untukINDONESIA tadi pagi di Saraga. Tanpa komando para panitia OSKM 2013, huruf yang terbentuk tidak akan rapi dan dapat terbaca dari jauh. Tanpa petunjuk dan arahan para PJ yang mengatur setiap barisan, para maba hanya akan berdiri dan tidak tahu harus berdiri di mana. Tanpa partisipasi maba, sudah pasti tidak tulisan tersebut tidak akan terbentuk. Begitu pula mereka yang bertugas di bagian dokumentasi. Tanpa mereka, kita tidak akan pernah tahu apakah tulisihan yang kita bentuk sudah terbaca atau belum dan bagaimana bagaimana bentuknya apabila dilihat dari atas. Tidaklah mudah mengatur lebih dari 3000 orang. Tetapi dalam tempo waktu kurang lebih satu jam, formasi tulisan tersebut berhasil dibentuk.

Ada 3 poin penting dalam kolaborasi, yaitu:

  • Team buiilding

Team building adalah ide dasar di mana setiap individu pada setiap kelompok dapat mencapai tujuan bersama. Kelompok yang baik memiliki kekompakan di dalamnya sehingga para anggota dapat saling menghormati dan menghargai peran masing-masing dan tidak egois dalam mempertahankan pendapatnya sendiri. Terkadang sebelum mengerjakan sebuah tugas, sebuah kelompok akan dilatih bersama agar para anggotanya dapat lebih mengenal satu sama lain sehingga konflik yang didasari oleh latar belakang atau sifat-safat yang berbeda dapat dihindari.

  • Sejarah pergerakan

Setiap perubahan yang terjadi, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia, diawali oleh sebuah pergerakan. Pergerakan tersebut pastinya tidak hanya diawali oleh satu orang saja, melainkan hasil kerja sama dari setiap orang yang terlibat. Sejarah pergerakan Indonesia menuju kemerdekaan merupakan bukti konkret bahwa kolaborasi sangat dibutuhkan dalam bekerja demi mencapai tujuan bersama yang lebih baik lagi.

  • Manajemen konflik

Dalam bekerja sama, perpecahan atau konflik akan timbul ketika terdapat dua pihak atau lebih dengan pemikiran yang berbeda dan mempertahankan pendapat mereka tanpa berusaha untuk mencari jalan keluar bersama. Hal ini tidak dapat dipungkiri berhubung lebih dari satu kepala yang terlibat dalam mengerjakan tugas tersebut. Beberapa pendekatan untuk mengelola konflik adalah sebagai berikut:

  • Bargaining approach

Strategi ini digunakan untuk mengatasi konflik yang didasari oleh keterbatasan sumber daya dengan membaginya secara rata atau mengurangi keinginan untuk mendapatkannya.

  • Bereaucratic approach

Strategi ini digunakan untuk mengatasi konflik yang bersifat hierarki atau melibatkan kedudukan seseorang, misalnya para pekerja dengan atasan seperti manajer atau bos mereka. Konflik ini dapat dihindari dengan cara merubah atau mengganti sistem birokrasi yang terlalu mengekang atau mendikte.

  • Systemic approach

Apabila kedua pendekatan di atas tidak efektif dalam menangani konflik yang terjadi, maka ada strategi lain yang dapat digunakan, yaitu dengan cara mengurangi perbedaan yang terjadi dengan mengambil jalan tengah dari dua sisi yang bersitegang dan atau dengan cara  mengurangi ketergantungan terhadap sebuah sumber daya yang dibutuhkan dengan mencari alternatif lain atau mengganti sistem.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s