RESUME SEMINAR OSKM ITB 2013

Nama : Erwin

NIM : 16613022

Fakultas : FTSL

  1. PENINGKATAN EKONOMI INDONESIA

Oleh : Menteri Perdagangan NKRI Bapak Gita Wirjawan

Menteri Perdagangan Yang Juga Ketua Umum PBSI Bapak Gita Wirjawan. Dalam materinya beliau menyampaikan bahwa Indonesia saat ini butuh pemimpin yang mengerti kepentingan rakyat mempunyai visi dan pandangan yang jelas untuk membangun negeri ini ke depan nya dan juga tidak melupakan unsur demokrasi dan pluralisme.Beliau juga  mengungapkan bahwa saat ini Indonesia jauh tertinggal dari negara Korea, China dalam hal pengelolaan sumber daya alam. Faktanya Indonesia masih belum bisa mengolah bahan mentah menjadi bahan jadi yang menyebabkan middle income trap.Padahal ekonomi Indonesia tengah tumbuh sebesar 6 % tiap tahun nya dan asia merupakan pusat ekonomi dunia saat ini. Sebagai penutup pa menteri berpesan kepada sekitar 3600 mahasiswa baru untuk menjadi garuda-garuda yang kreatif,terampil, melek teknologi dan menjadi pemimpin.

  1. CINTA TANAH AIR

Oleh : WANADRI            

ketua Wanadri salah satu organisasi penjelajah alam di Indonesia Indra Hidayat. Beliau menuturkan betapa kaya nya negeri Indonesia yang terdiri dari 17.000 pulau dan negara dengan garis pantai terpanjang ke-2 di dunia. Alumni teknik mesin ITB 2009 ini mengajak para mahasiwa untuk mengenal indonesia lebih jauh dengan tidak meninggalkan kreativitas, akal sehat dan kemanusiaan.

  1. INTEGRITAS DAN KOMPETENSI PEMUDA UNTUK KEMANDIRIAN DAN KESEJAHTERAAN BANGSA

Oleh : Ibu Tri Mumpuni

Ibu Tri Mumpuni, seorang pekerja sosial yang aktif di banyak Non Goverment Organization di bidang pemberdayaan masyarakat. Dalam presentasi nya istri dari salah satu dosen di ITB ini menghimbau untuk membuat hati dan logika bersatu sehingga bisa berfikir dengan rasa empati dan menjadi pemimpin yang berintegritas. Beliau juga banyak membahas tentang masalah ekonomi bahwa saat ini di Indonesia masih banyak terjadi kesenjangan sosial antara warga di pusat kota dengan di pelosok desa. Hal ini menunjukkan bahwa pesebaran ekonomi di Indonesia belum merata.

 

  1. RISET INDIE

Oleh : Saska

Saska, Aktivis Riset Indie yang juga alumni teknik elektro ITB 2004. Ia banyak melakukan penelitian dalam bidang sosio-masyarakat yang sangat bermanfaat semisal membuat software robot dan Angkot Day dimana pada hari itu warga bandung di gratiskan untuk naik salah satu trayek angkot. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari beliau salah satunya adalah pola pikir idealis untuk terus berkarya dan bermanfaat bagi bangsa karena kita hidup cuma satu kali. Pria yang tengah menantikan buah hati ini juga bercerita tentang pengalaman nya saat kuliah di ITB saat dia harus mengulang mata kuliah dan aktif di himpunan maupun organisasi. “pelajaran itu ga cuma didapet di kampus aja, tapi di kehidupan nyata pun kalian akan dapat banyak sekali pengalaman” ujarnya menggugah semangat para mahasiswa baru. Sebagai hiburan acara seminar ini juga menampilkan unit band di ITB ‘APRES”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s