RESUME KRITIS, KREATIF, DAN KONSTRUKTIF

Nama                    : Lidyana Utami

NIM                       : 16413236

Kelompok             : 58

Assalamualaikum semua.

Ini adalah sedikit resume dari kegiatan K3 yang dilakukan mahasiswa baru Institut Teknologi Bandung tahun ajaran 2013/ 2014 khususnya kelompok 58  pada hari rabu tanggal 22 Agustus 2013 kemarin, sebelum itu ada yang tahu apa itu K3? Terus kenapa sih kita sebagai mahasiswa baru harus tahu K3? Oke, K3 itu  adalah singkatan dari Kritis, Kreatif dan Konstruktif. Sebagai mahasiswa yang kedepannya kita akan memimpin masa depan, kita dituntut untuk merubah mindset kita dari anak SMA biasa menjadi luar biasa setelah menyandang gelar ‘maha’ didepan kata siswa yang kita sandang selama 12 tahun. Terus apa hubungannya dengan Kritis, kreatif, dan konstruktif?

Kritis,  sebagai mahasiswa kita dituntut untuk menganalisa suatu masalah dari segala aspek, mencari tahu sedetail mengkin dan memikirkan akibat baik buruknya sesuatu. Membuat analisis yang tajam untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Kreatif, setelah kita berfikir secara kritis dalam menganalisa suatu hal, kita juga dituntut untuk befikir sekreatif mungkin dalam menyelesaikan suatu persoalan, membuat cara, metode maupun penemuan baru yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari.

Konstruktif, setelah berfikir kritis, kreatif kita juga dituntut untuk dapat konstruktif, maksudnya kita harus membangun atau bertindak untuk menyeesaikan masalah.Orang orang dengan sikap seperti inilah yang sangat dinantikan oleh bangsa.

Terus, apa yang kita lakukan untuk menumbuhkan sikap kritis, kreatif dan konstruktif? Mulailah dari hal yang kecil. Jadi pada tanggal 22 Agustus 2013 lalu,  pertama kami dari kelompok 58 dibagi menjadi 4 kelompok kecil, dan saya tergabung dalam kelompok 58 -4 . Kami diberikan beberapa gambar oleh kakak kakak tata tertip kelompok atau lebih dikenal kakak taplok yang baik hati. Setelah melihat lihat, kami 58 – 4 memutuskan untuk memilih gambar matinya ikan ikan  dikarenakan pencemaran air laut. Kami diminta untuk membuat pemikiran kritis hanya dengan melihat gambar tersebut, mulai dai segi ekonomi, sosial, politik, teknologi,  lingkungan hingga kelegalitasan. Dalam waktu singkat kami juga harus mempresentasikan hasil pemikiran kami, memberikan solusi mulai dari solusi yang masuk akal hingga solusi menciptakan hal hal aneh yang sangat unik dan membantu dalam mengatasi masalah yang dihadapi.

Seperti yang kita ketahui untuk menumbuhkan suatu yang besar dalam waktu singkat itu sangatnlah sulit, namun jika dimulai dari hal hal kecil namun terus menerus, hal besar ini mungkin saja terwujud. Diharapakan setelah mengikuti kegiatan penumbuhan sikap K3, kritis, kreatif dan konstruktif, mahasiswa baru Institut Teknlogi Bandung Tahun Ajaran 2013/ 2014 dapat menjadi insan insan terbaik bangsa yang tiak hanya dapat menjunjung tinggi integritas dan prestasi, namu memiliki sikap kriitis, kreatif dan konstruktif demi membangun Indonesia lebih baik kedepannya. InsyaAllah.

 Semua ini kami lakukan UNTUK INDONESIA, OSKM ITB 2013!

 

Sekian resume dari saya, terima kasih telah membaca , wassalam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s