Tugas Analisis Masalah

Kelompok 58 – 4

Anggota:

Dyan Noviera Putri

Larissa Chairunisa Utari

Lidyana Utami

M Aldy Rifaldy

 

  • Politik:

Banyak oknum oknum  pemerintahan tidak bertanggung jawab yang memiliki kepentingan sendiri menyalahgunakan kedudukannya sebagai pengelola masalah pembuangan limbah dengan mudahnya disuap oleh oknum-oknum pabrik agar dapat dengan bebas membuang limbah beracun ke laut. Oknum seperti ini jika terus dibiarkan akan sangat merugikan negara.

  • Ekonomi:

 Dengan tercemarnya laut, ikan-ikan yang menjadi sumber mata pencaharian para nelayan dan sumber pangan para penduduk pesisir pantai akan mati. Dengan hilangnya mata pencarian, pekonomian penduduk pesisir akan memburuk.

  • Sosial:

Memburuknya lingkungan akan memperburuk hubungan antara masyarakat kota terutama orang-orang pabrik dengan masyarakat pesisir atau masyarakat di sekitar pembuangan limbah. Hal ini dapat menggeser  pola pikir sosial masyarakat pesisir.

  • Teknologi:

Pengolahan limbah pabrik seharusya membutuhkan teknologi yang canggih agar dapat mengeluarkan limbah yang ramah lingkungan tetapi kebanyakan perusahan lebih mementingkan keuntungannya sendiri sehingga menggunakan teknologi seadanya.

  • Environment:

Pembuangan limbah tercemar yang mengandung zat-zat yang berbahaya dan berbau busuk diperairan tanpa pengolahan terlebih dahulu dapat merusak lingkungan ekosistem laut dan sekitarnya

  • Legal:

Kesengajaan dari oknum tak bertanggung jawab serta kelalaian penegakkan hukum adalah faktor utama yang menyebabkan banyaknya perusahaan yang membuang limbah sembarangan.

  • Solusi:

1. Setiap perusahaan diwajibkan membuat 3 saluran utama pembuangan yg pertama saluran langsung ke laut untuk limbah yang tidak akan mencemari lingkungan yg kedua limbah yang menuju tempat pembuangan/waduk untuk diolah menjadi bahan bakar sehingga dapat bermanfaat bagi orang lain yang ketiga untuk limbah yang memang tidak dapat diolah dibuat saluran langsung ke blackhole.

2. Untuk ikan yang sudah terlanjur mati akan dibuatkan cairan super yang dapat menetralisir racun berbahaya di dalam tubuh si ikan sehingga dapat dikonsumsi  dan menjernihkan air laut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s