Review Materi Kelompok Tentang “Kolaborasi”

Kolaborasi adalah bekerja sama antar individu untuk saling berkontribusi satu sama lain dengan kelebihan yang dimilikinya sehingga semua tujuan yang diinginkan bisa tercapai dan tugas pun dapat terselesaikan. Kolaborasi dalam tim kerja menjadi sebuah kebutuhan untuk mewujudkan sebuah prestasi kerja. Kolaborasi dalam tim akan menjadi suatu daya dorong yang memiliki energi dan sinergisitas bagi individu-individu yang tergabung dalam kerja tim. Komunikasi akan berjalan baik dengan dilandasi kesadaran tanggung jawab tiap anggota.

Kontribusi tiap-tiap individu akan menjadi kekuatan ang terintegrasi. Individu dikatakan berkolaborasi jika upaya-upaya dari setiap individu tersebut secara sistematis terintegrasi. Dalam kolaborasi akan muncul berbagai penyelesaian yang secara individu tidak terselesaikan. keunggulan yang dapat diandalkan dalam kolaborasi adalah munculnya berbagai penyelesaian secara sinergi dari berbagai individu yang tergabung dalam kerja tim. Kolaborasi meliputi 3 aspek utama yaitu :

  1. Tim Building, adalah ide dasar dimana setiap individu pada sebuah kelompok mampu bekerja sama untuk meraih tujuan bersama.
  2. Sejarah Pergerakan, setiap perubahan-perubahan yang terjadi di Indonesia maupun di seluruh dunia akan selalu terjadiperubahan yang diawali dengan pergerakan, namun pergerakan tidak akan bermakna atau bersifat masif tanpa adanya kolaborasi. sehingga dengan diberikan sejarah mengenai pentingnya kolaborasi dalam setiap pergerakan, peserta akan terinisialisasi dan bergerak untuk melakukan pergerakan.
  3. Manajemen Konflik, konflik adalah pergesekan yang terekspresikan diantara dua individu atau lebih. Konflik terjadi akibat kedua belah pihak tidak ada kesepakatan. sedangkan Manajemen adalah upaya untuk mengatur atau mengelola sesama. sehingga manajemen konflik adalah upaya untuk mengatur pergesekan yang terjadi antar anggota kelompok agar pergesekan tersebut tidak berdampak merugikan bagi anggota yang lain atau kelompok secara keseluruhan dan dapat diselesaikan. Dengan diberikan pemahaman mengenai manajemen konflik diharapkan mereka dapat mencegah terjadinya konflik dalam kelompok atau dapat meminimalisasi dampak buruk terjadi konflik dalam kelompoknya. Manajemen konflik merupakan langkah-langkah yang diambil para pelaku atau pihak ketiga dalam upaya mengarahkan perselisihan kearah hasil tertentu yang mungkin atau tidak mungkin menghasilkan suatu akhir berupa penyelesaian konflik dan mungkin atau tidak mungkin menghasilkan ketenangan, hal positif, kreatif, bermufakat, dan agresif. manajemen konflik dapat melibatkan bantuan diri sendiri, kerja sama dalam memecahkan masalah atau pengambilan keputusan oleh pihak ketiga.

3 pendekatan untuk mengelola konflik.

  • pendekatan penawaran, pendekatan dimana masing-masing pihak memberikan dan menawarkan sesuatau pada saat yang bersamaan, saling memberi dan menerima serta meminimalkan kekurangan semua pihak ang dapat menguntungkan semua pihak.
  • pendekatan birokratis, pendekatan yang cenderung lamban dan bersifat statis memberikan kesempatan pada orang lain untuk menyelesaikan masalah. hal ini memungkinkan timbulnya kerjasama dengan memberikan mereka kesempatan untuk membuat keputusan.
  • pendekatan sistem, pendekatan yang dilakukan dengan sistem-sistem tertentu sehingga konflik pun dapat terselesaikan. misalkan sistem pencegahan, penghindaran, penekanan dan lain-lain.
About these ads

2 thoughts on “Review Materi Kelompok Tentang “Kolaborasi”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s